Kesehatan Kita, Manfaat Sarapan Pagi Untuk Mengawali Hari


Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Kita


Beberapa dari kita, bahkan sebagian besar diantara kita seringkali mengawali hari dengan keadaan perut kosong. Banyak sekali alasan untuk tidak sarapan, mulai dari kebiasaan dari kecil yang memang tanpa sarapan pagi, tidak ada waktu untuk mengolah makanan di pagi hari ataupun berpikir bahwa banyak makan itu menjadikan tubuh kita kegemukan dan dapat menjadi obesitas.
Padahal semua itu keliru adanya, sarapan itu sangat penting sekali bagi tubuh dan kesehatan kita. Sebuah riset di Universitas Hardvard, Amerika Serikat menunjukkan bahwa resiko kegemukan pada orang yang makan pagi secara teratur turun hingga 50 persen dibanding mereka yang tidak atau jarang sarapan. Selain hal diatas, ada beberapa manfaat sarapan pagi lainnya yang mengharuskan anda memasukkannya ke dalam daftar gaya hidup anda.

1. Pemenuhan kebutuhan nutrisi harian.

Menunda sarapan akan membuat kita sulit mendapatkan asupan nutrisi yang direkomendasikan. Dengan sarapan pagi yang ringan, kita mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh sebagai bekal untuk menjalani hari anda selama beberapa jam ke depan. Makanan yang kaya serat dan protein sangat cocok dijadikan menu sarapan. Hindari makanan berat yang mengandung karbohidrat tinggi karena anda akan mengantuk.

2. Menurunkan berat badan.

Kalori di dalam tubuh anda akan terbakar secara lambat jika anda beraktifitas dalam keadaan perut yang kosong. Sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalori menjadi lebih efektif dan efisien, demikian menurut Tanya Zukcerbrot, R.D., ahli nutrisi yang menulis buku The F-Factor Diet. Makanlah makanan dengan serat tinggi dan kadar gula rendah yang akan dicerna secara lambat hingga menyediakan energi yang konstan dan membuat anda tidak cepat lapar. Lihatlah manfaat sarapan sangat penting bukan ?

3. Meningkatkan kemampuan otak.

Para ahli dari Universitas Swansea Wales mengadakan riset yang hasilnya membuktikan bahwa para pelajar yang selalu sarapan memiliki skor rata-rata 22% lebih tinggi ketimbang rekan-rekannya yang tidak sarapan pagi. Sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras pada hari sebelumnya, ketika anda bangun tidur di pagi hari. Anda harus mengisi kembali energi tersebut untuk mendapatkan otak yang berkinerja normal. Anda akan merasa mudah lelah dan berkunang-kunang jika otak tidak mendapat asupan energi.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung.

Wanita sehat yang melewatkan sarapan pagi selama dua minggu ternyata memiliki kadar LDL atau lemak jahat di dalam darah yang lebih tinggi dibanding mereka yang sarapan pagi sereal dan susu di pagi hari, demikian hasi sebuah riset. Serat dapat mengikat kolesterol dan mempercepat sekresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunan resiko sakit jantung mencapai 50 persen, demikian hasil penelitian oleh Harvard Nurses Health selama sepuluh tahun. Itulah empat poin penting dari manfaat sarapan pagi bagi kesehatan kita.

Nah, mengingat pentingnya sarapan, alangkah lebih baik jika kita mulai membiasakan diri untuk mengisi pagi hari kita dengan sarapan pagi supaya hidup kita lebih sehat dan produktif. Semoga artikel mengenai manfaat sarapan di atas bisa menambah pengetahuan, membangkitkan kesadaran kamu akan pentingnya sarapan pagi.

Keyword : Kesehatan Kita, Manfaat Sarapan Pagi, Sarapan pagi

Sumber By Internet, Blogger

0 komentar:

Posting Komentar