Manfaat Khasiat Kopi Luwak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Khasiat Kopi Luwak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Artikel kesehatan tentang manfaat kopi luwak bagi kesehatan, serta khasiat kopi luwak untuk kecantikan.

Manfaat Kopi Luwak

Keunggulan Kopi Luwak :

  • Kandungan asam Kopi Luwak rendah sehingga aman untuk penderita maag
  • Kandungan kafein Kopi Luwak rendah sehingga tidak begitu membahayakan penderita jantung
  • Kandungan protein Kopi Luwak rendah sehingga bisa mendukung program diet rendah protein
  • Tidak pahit dibanding dengan kopi biasa sehingga meningkatkan cita rasa Kopi Luwak
  • Kopi Luwak lebih kental dan padat dibanding kopi biasa
  • Kopi Luwak memiliki aroma wangi yang diakibatkan oleh enzim proteolitik
  • Kopi Luwak dapat meningkatkan vitalitas dan stamina
  • Kopi Luwak dapat meningkatkan kinerja otak sehingga dapat mengurangi resiko kepikunan dan parkinson

=================================

Sejarah Kopi Luwak

Kopi Luwak sebenarnya sudah dikenal sejak jaman kolonial Belanda. Asal mula Kopi Luwak tidak terlepas dari sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di Hindia Belanda terutama pulau Jawa dan Sumatera. Salah satunya adalah bibit kopi arabika yang didatangkan dari Yaman. Pada era "Tanam Paksa" atau Cultuurstelsel (1830�1870), Belanda melarang pekerja perkebunan (pribumi) memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Tetapi penduduk pribumi ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Karena keinginannya itu pekerja perkebunan mencoba untuk memungut biji kopi yang tercecer. Pada perkembangannya para pekerja menemukan bahwa ada sejenis luwak yang gemar memakan buah kopi. Hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih tetap utuh. Biji kopi tersebut keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi dalam kotoran luwak ini oleh para pekerja dikumpulkan, dicuci, kemudian diolah menggunakan peralatan sederhana. Kopi itulah yang kini disebut Kopi Luwak. Ternyata kopi luwak ini memiliki rasa yang berbeda dan luar biasa. Kabar mengenai kenikmatan Kopi Luwak akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak menjadi kopi termahal sejak jaman kolonial.

=================================

Daerah Penghasil Kopi Luwak

Kabupaten Lampung Barat hingga tahun 2010 mempunyai luas areal perkebunan kopi mencapai 59.357 ha, dengan produksi 61.201 ton dan produktivitas sebesar 1.095 kg/ha/tahun. Perkebunan kopi ini menjadi sumber pendapatan bagi 84.796 KK dan menjadi sentra penghasil kopi terbesar di Provinsi Lampung serta terkenal dengan kopi luwak-nya. Bahkan kopi luwak yang dihasilkan dari daerah ini menjelma sebagai komoditas termasyhur di dunia. Bekerjasama dengan sejumlah eksportir, kopi luwak yang dihasilkan itu kini dinikmati pecinta kopi di beberapa negara, antara lain Korea, Jepang, Hongkong, Kanada bahkan Amerika Serikat.

Kopi luwak di daerah ini telah menambah khasanah kekayaan kopi-kopi eksotis nusantara. Di mata dunia internasional, kopi luwak asal Indonesia, khususnya kopi luwak dari Lampung Barat memiliki reputasi teramat baik, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kopi luwak termahal dan terlangka di dunia. Selain mengharumkan nama daerah, hal yang lebih penting adalah keberadaan kopi luwak ini dapat memberikan nilai tambah, yaitu penghidupan yang lebih baik bagi petani kopi dan para produsen kopi luwak lainnya. Pada gilirannya, para petani kopi juga bisa lebih terangkat kesejahteraannya.

=================================

Daerah lain penghasil kopi luwak :

  • Gayo, Aceh
  • Sidikalang
  • Desa Janji Maria, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, 40 kilometer dari Laguboti
  • Kota Pagaralam
  • Semende, Kabupaten Muara Enim
  • Jawa Barat
  • Jawa Timur

=================================

Pengolahan Kopi Luwak

Pengolahan kopi luwak sama seperti pengolahan kopi pada umumnya, perbedaannya hanya pada proses fermentasi alami dalam pencernaan luwak. Proses fermentasi ini menggunakan buah biji kopi Arabika segar yang dimakan luwak dan tercampur dengan enzim-enzim dalam pencernaan luwak, berlangsung selama 8 jam - 12 jam. Hal tersebut menciptakan citarasa Kopi Luwak yang eksotik dan aroma Kopi Luwak yang sangat nikmat.

=================================

Urutan Proses Pengolahan Kopi Luwak

Bahan berupa biji kopi yang sudah tua/merah ranum/masak batang.
Biji kopi tersebut digunakan sebagai pakan luwak. Proses fermentasi dalam pencernaan luwak berlangsung selama + 8 jam s/ d + 12 jam.
Penjemuran kotoran (Brenjel Raw) dibawah terik panas matahari (Full SUN Drying) sampai kadar air 20% - 25% .
Pemisahan biji kopi luwak dari kulit ari menggunakan mesin tumbuk (untuk menjadi Green Bean/pasir kopi luwak siap digoreng) .
Penjemuran kembali beras/biji kopi luwak dibawah terik panas matahari (Full SUN Drying) sampai kadar air 16% .
Pencucian biji kopi luwak sampai bersih.
Penjemuran kembali sampai kadar air 10% - 11%.
Biji kopi luwak di sangrai
Pembubukan untuk menghasulkan biji kopi luwak hingga siap seduh.
Setelah proses pembubukan lalu didinginkan, kemudian Kopi Luwak dikemas sesuai dengan takaran

=================================

Beberapa Manfaat Kopi Luwak:

Manfaat Kopi Luwak Untuk Melindungi gigi

Kopi yang terkenal dengan anti lengket serta kafein menurut penelitian mampu melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, selain itu minum satu gelas kopi luwak setiap hari juga mampu mencegah terjadinya kangker mulut.

Manfaat Kopi Luwak Untuk Mencegah Kangker payudara 

Menurut sebuat study The Journal of Nutrition minum kopi luwak 4 gelas dalam satu hari mampu mencegah terjadinya kangker payudara, khusunya bagi yang sudah menjelang menopouse yang sangat rawan terhadap penyakit kangker

Khasiat Kopi Luwak Untuk Melindungi kulit

Manfaat kopi luwak yang sangat terkenal dengan khasiatnya ini juga mampu melindungi kulit dari serangan penyakit kangker kulit, menurut penelitian minum dua cangkit kopi luwak mampu menurunkan resiko terkena kangker kulit sampai dengan 17 % dan ini tentunya sangat bagus diminum oleh kita yang tidak ingin terkena kangker kulit.

Khasiat Kopi Luwak Untuk diabetes

Sebuah penyakit yang mematikan ini sangat banyak ditakuti, banyak sudah yang menjadi korbannya. Penyakit ini belum ada obat yang secara resmi mampu menyebuhkannya, namun walau demikian kita masih mampu untuk mencegahnya penyakit diabetes datang, yaitu dengan cara memanfaatkan kopi luwak 2-4 gelas setiap hari

Khasiat Kopi Luwak Untuk penyakit saraf

Antioksida dan kafein yang terdapat didalam kopi mapu mencegah Parkinson, selain itu kafein yang terdapat didalam kopi luwak juga mampu menghambat peradangan didalam otak, yang berakitkan penyakit saraf

Manfaat Kopi Luwak Untuk Mencegah batu empedu

Kristal-kristal kolestrol yang terperangkap didalam kantung empedu,bisa diatasi dengan
kafein, karena kafein memiliki zat anti lengket, sehingga
kristal-kristal ledir tidak akam mengendap dialam empedu, untuk mendapatkan zat kafein tersebut didalam kopi luwak yang kaya akan kafein, minum 2-3 gelas kopi luwak setiap hari untuk mendapatkan manfaat kopi luwak secara sempurna

=================================

Nah itulah khasiat kopi luwak, jangan lewatkan juga untuk membaca artikel kesehatan tentang manfaat daun salam.

0 komentar:

Posting Komentar